SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI KUMPULAN ARTIKEL MA'HAD MIFTAHUSSALAM BANYUMAS JAWA TENGAH INDONESIA

Selasa, 03 Januari 2012

Bersikap Adil kepada Anak [ Bag. 4 ]

         Para pembaca akromakumulloh....kita langsung lanjutkan....
         Jika suatu hari kita bertanya kepada anak-anak kita, "Nak, apakah engkau mencintai ayah dan ibu?", atau dengan sedikit marah kita bertanya, "Sebenarnya engkau meremehkan ayah dan ibu," ketahuilah wahai para orang tua, bahwasanya anak-anak kita sangat membutuhkan kasih sayang dan kelembutan yang lebih serta tidak membedakannya dengan saudaranya yang lain, tidak mengutamakannya atas yang lain atau memberikan keisbukan kepadanya melebihi yang lain.
          Terkadang, anak suka memukul adiknya dengan geram dan jengkel atau membuang semua barang dan pakaian miliknya. Maka ketahuilah, bahwa sikap semacam ini adalah fithrah yang dipicu oleh perasaan bahwa kehadirang adiknya akan membawa persaingan bagi dirinya terhadap orang tua. Oleh karena itu, hendaknya orang tua selalu bersikap bijaksana dan sabar terhadap keduanya.
          Sikap adil dan tidak memanjakan anak yang lebih kecil terhadap yang besar akan dapat mengurangi banyak problem. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam bersabda, "Bertaqwalah kepada Allah dan bersikap adillah kepada anak-anakmu."(HR. Bukhari)
          Dan dalam sebuah riwayat dari Al-Bazzar, dari Annas radhiyallahu 'anhu bahwasanya ketika seorang lelaki sedang bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tiba-tiba datanglah putranya lalu ia menciumnya dan mendudukannya di atas betisnya, kemudian datang lagi putrinya lalu ia menciumnya dan mendudukan di antara kedua tangannya. Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Ketahuilah bahwasanya engkau telah bersikap adil kepada keduanya."
          Seperti inilah kiranya, kesamaan yang dilakukan ketika mencium . Jika salah satunya kita cium, maka hendaknya kita mencium yang lainnya......

0 komentar:

Posting Komentar

 
| PPPI Miftahussalam Banyumas Jalan Raya Kejawar No.72 Banyumas Jawa Tengah - Telp.(0281)796121 / 796004 | Islamic Boarding School, in Banyumas