SELAMAT DATANG DI BLOG RESMI KUMPULAN ARTIKEL MA'HAD MIFTAHUSSALAM BANYUMAS JAWA TENGAH INDONESIA

Jumat, 06 Januari 2012

Jika Anak Tidak Mau Makan, Apa yang Harus Diperbuat..???

          Bismillah walhamdulillah, di sela kesibukan kita beraktifitas, kita masih diberi kesempatan untuk kembali menulis hal-hal yang insya Allah bisa sedikit membantu para orang tua dalam proses mendidik putra-putrinya. pada kesempatan kali ini, kita akan sedikit membahas suatu permasalahan yang terkadang menjadi masalah yang sangat membuat cemas para orang tua yakni kebiasaan anak-anak tidak mau makan pada saat-saat tertentu...

         Kebanyakan anak pada usia tahun pertama, yang mana pada masa ini adalah masa dimana banyak pertentangan dalam masalah makanan antara dirinya dengan kedua orang tuanya. Menolak makanan merupakan problem terbanyak dalam proses perkembangan sikap mereka. Dan dapat dipastikan, sangat sedikit para orang tua yang tidak mendapati masalah tersebut pada anak-anaknya.

          Untuk mengatasi hal yang demikian, maka para orang tua haruslah memastikan terlebih dahulu, apakah ada penyakit pada diri anak akibat kurangnya asupan makanan, atau usaha keras anak untuk mendapatkan orang lain di sela-sela penundaan dan keterlambatannya dalam mendapatkan makanan, atau karena hilangnya kebahagiaan pada dirinya akibat hadirnya saudara baru atau perhatian orang tua yang berlebih pada saudaranya dibanding dirinya atau juga karena sikap keras dan perkataan yang melukainya pada saat ia menolak makan sehingga waktu makan baginya adalah waktu yang memuakkan.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan kita laksanakan terkait masalah ini, diantaranya adalah;

1. Ketahuilah bahwa, teriakan dan perintah kita kepada anak supaya anak taat dan patuh, tidak akan mendatangkan manfaat sama sekali pada kesempatan apa pun.

2. Janganlah kita meminta kepada anak untuk datang secara tiba-tiba untuk makan pada saat ia sedang tenggelam asyik dengan permainannya, akan tetapi informasikan dengan kelembutan kepadanya bahwa waktu makan akan segera tiba.

3. Jangan kita bicarakan masalah kesulitan makan anak kita kepada orang lain pada saat ia sedang bersama kita.

4. Jangan memaksa anak untuk memakan semua makanan yang ada di hadapannya atau memaksanya untuk memakan sesuatu yang tidak disukainya.

5. Berikan tempat bermain dan tamasya di luar rumah yang aman bagi anak, sehingga ia pulang ke rumah dalam keadaan penuh selera untuk menghadapi hidangan makanan.

6. Jangan kita memerintahkan kepada anak untuk terburu-buru ketika sedang makan dan sebaliknya.Jangan pula kita meninggalkan/melalaikan kesempatan untuk menyampaikan sebuah sugesti kepada anak supaya dia tidak menyia-nyiakan makanan.

7. Berikan keluasan kepada anak jika ia ingin makan sendiri, berikut ini, kami sertakan eberapa tips terkait hal ini diantaranya;

a. Jika anak menolak makan, maka sang ibu hendaknya menginformasikan bahwa makanannya akan dingin dan tidak akan terasa lezat lagi.

b. Jangan kita memberikan permen, cokelat, manisan atau minuman bersoda sebagai hidangan makanan.

c. Berikan buah dan kurma atau sepotong roti di meja makan saat ibu telat menyiapkan makanannya supaya anak tidak menderita dengan rasa laparnya.

d. Suguhkan makanan secukupnya untuk menghilangkan kebiasaan menyisakan makannya di atas piring.

e. Jangan membiasakan kebiasaan sogok kepada anak ketika akan makan dengan ungkapan seperti, "makanlah dan minumlah, nanti ibu berikan sepotong coklat."

f. Menyuguhkan makanan dengan berulang-ulang, tidak akan mendatangkan manfaat jika anak tidak menyukai makanan tersebut, sehingga seorang ibu dituntut untuk mencari menu makan kesukaan anak yang sangat mengundang seleranya.

g. Jadikan saat makan sebagai kesempatan bertemu dengan keluarga dan berbincang-bincang, sebuah kesalahan jika kita melarang anak diam saat makan.

h. Suguhkan makanan yang lezat dan enak untuk anak dan berusahalah untuk menyuguhkannya pada moment-moment spesialnya.

i. Jangan mencela anak ketika ia melakukan kesalahan saat makan.

j. Jangan berselisih dengan pasangan kita pada saat makan.

k. Perlihatkan kenikmatan makan di depan anak sehingga hal tersebut akan mendorongnya untuk menyukai makanan yang menyehatkan.

          Demikianlah beberapa tips yang setidaknya bisa dicoba oleh para orang tua dalam menyikapi anak ketika dia susah untuk diajak makan.....Semoga berhasil.....[Akhfiya, Sabtu 07 Januari 2012 11.33, Miftahussalam Banyumas]

0 komentar:

Posting Komentar

 
| PPPI Miftahussalam Banyumas Jalan Raya Kejawar No.72 Banyumas Jawa Tengah - Telp.(0281)796121 / 796004 | Islamic Boarding School, in Banyumas